Saturday, March 14, 2015

Cara Sehat Mengecilkan Perut

Post pertama dibulan Maret ini aku akan share pengalaman pribadi aku tentang cara mendapatkan perut rata, namun dengan cara yang sehat dan alami. 

Berikut adalah foto lama yang aku ambil sekitar 1 tahun yang lalu. Difoto ini badan aku memang telihat kecil dan sepertinya nggak ada bagian yang berlemak sama sekali. Hoooo !!! >_< Orang-orang sekitar aku memang selalu bilang "Kamu itu uda kecil Lisa, apa lagi si yang mau di kecilin ?" hihihi :D. Adaaaa !! Ada bagian yang berlemak yang memang nggak bisa dilihat di tempat public. hahahaha 



Nah !! Sekarang disini aku mau buka-bukaan, share bagian yang berlemak yang selalu mengahantui pikiran aku itu. :D 

Ini dia perut yang berlemak alias buncit yang selalu bikin aku nggak tenang setiap kali memakai baju ketat. :( 





Yups !! Aku suka sekali memakai baju-baju dress yang ketat dan bentuk lekukan perut pun jadi terlihat. Karena perut aku yang buncit kadang bikin aku nggak pede memakai baju-baju ketat. Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk menghilangkan lemak-lemak itu dari perut aku, namun dengan cara yang sehat dan alami. :)

Jadi, hal-hal apa saja si yang aku lakukan untuk mendapatkan perut rata ? :) Yuk, kita bahas satu persatu pengalaman aku selama ini.

1. Olahraga

Untuk mendapatkan perut yang rata nan indah, olahraga itu perlu banget. Nah, karena aku pecinta olahraga jadi aku putuskan untuk jadi member di Fitness First, salah satu club gym favorite aku. Alasan aku gabung sebagai member di tempat gym karena mereka memiliki peralatan olahraga yang komplit dan aku bisa menggunakan fasilitas tersebut kapan saja aku mau. Fitness First menyediakan tempat sauna dan steam juga. Jadi, aku nggak perlu jauh-jauh kesalon kalau aku mau sauna. :D hihi Selain itu di beberapa tempat fitness first di Jakarta menyediakan kolam renang juga, seperti fitness first di Grand Indonesia dimana dekat dengan tempat aku tinggal. Tinggal jalan kaki 10 menit saja. (^^) 

Nah, itu sekilas cerita tentang tempat gym aku. 





Namun olahraga untuk mendapatkan perut rata tidak perlu pergi ke gym. Kalian juga bisa lakukan beberapa exercise ini di rumah.

- Sit Up
- Push Up
- Squat 

Ketiga exercise tersebut harus dilakukan secara rutin setiap hari per 20x tiap exercise untuk awal bulan pertama. Tapi, pasti itu akan susah sekali, meskipun aku pecinta olahraga aku juga kesusahan melakukannya setiap hari. hahaha Nah, solusinya aku lakukan itu rutin satu minggu 3 atau 4x dengan menambah jumlah per exercisenya jadi 40x per exercise. Bisa dilakukan sebelum tidur atau setelah bangun tidur. 

Setelah terbiasa di bulan pertama kamu bisa menambahkan jumlah per exercisenya sedikit demi sedikit perharinya. Selain itu banyak-banyak jalan kaki itu juga membantu kita untuk mendapatkan perut rata. 

Oleh karena itu sebelum aku mulai Sit Up dan yang lain-lain seperti itu, aku selalu awali dengan cardio. Waktu awal-awal dibulan pertama aku selalu cardio 20-30 menit untuk pembakaran lemak. Namun, setelah perut sudah terlihat mulai rata aku mengurangi jadi 10 menit per cardio. Selain itu aku juga rutin berenang seminggu sekali. (^^)

Berikut foto hasil exercise rutin setelah beberapa bulan kemudian. Dalam hal ini aku memang tidak terlalu berlebihan sehingga aku tetap enjoy dengan aktifitas sehari-hari. Karena yang terpenting adalah semua bisa berjalan dengan rapi secara rutin. So, salah satu kunci disini adalah kalian harus disiplin. :)




2. Makanan 

Selain olahraga, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh untuk membentuk perut rata lho. :)

Berikut beberapa makanan yang bagus dalam proses pengecilan perut :

- Gandum
- Buah-buahan
- Sayur-sayuran
- Protein
- Daging 
- Kacang-kacangan

Selain itu, konsumsilah makanan-makanan yang bisa mengenyangkan perut lebih lama, seperti makanan-makanan berikut ini :

- Tomat
- Pisang 
- Apel 
- Strawberry
- Blueberry
- Pir
- Wortel
- Kol
- Kembang kol
- Brokoli

Berikut adalah belanja rutin aku untuk persediaan sehari-hari. Biasanya seminggu sekali aku menyempatkan diri berbelanja ke Food Hall Grand Indonesia untuk beli buah-buahan, salad dan Yogurt. Lihat manfaat yogurt disini.





3. Pola Makan

Kalau kalian benar-benar menginginkan perut rata, sebaiknya hindari :

- Alkohol
- Apa saja yang mengandung pemanis seperti gula
- Garam
- Apa saja yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan
- Ngemil
- Makanan siap saji
- Telat makan

Tentu saja aku tidak bilang kalian harus bersih dalam hal-hal tersebut, namun kalau kalian bisa mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat tersebut itu akan membantu kalian mendapatkan perut rata lebih mudah.

Kalian masih bisa mengkonsumsi makanan dan minuman itu misalkan 2 minggu sekali, asal jangan sering-sering itu menurut aku masih ok. Jujur aku juga masih mengkonsumsi makanan dan minuman yang harus dihindari tersebut, tapi mungkin dalam seminggu atau 2 minggu sekali. 

Misalkan buat para pecinta gorengan, itu pasti akan susah sekali jika tiba-tiba nggak makan gorengan dalam satu minggu. Kalian bisa menguranginya secara bertahap. Apabila dalam sehari kalian selalu mengkonsumsi satu gorengan, mungkin untuk step awal konsumsi dalam 3 hari sekali, kemudian berlanjut 4 hari sekali, 5 hari sekali sampai ke tahap 1 minggu sekali dan 2 minggu sekali.

Proses tersebut bisa juga diterapkan untuk menghindari ngemil, makanan siap saji dan alkohol.

Jadi, memang disini harus perlahan-lahan sehingga tidak membuat kita jadi malah drop. 

Selain itu beberapa hal lagi yang dapat membantu mengecilkan perut yaitu :

- Mengurangi porsi makan nasi.
Ternyata mengkonsumsi nasi terlalu banyak juga bisa mebuat perut buncit lho. pastinya sebagai orang Indonesia yang makanan utamanya adalah nasi, pasti akan susah banget mengurangi nasi. Tapi nggak papa, seperti yang sudah aku bilang tadi, lakukan perlahan-lahan saja. Nanti pasti akan terbiasa. Jadi, jangan mengurangi porsinya terlalu drastis, tapi sedikit demi sedikit saja yang penting rutin. Sebagai gantinya kalian juga bisa mengkonsumsi makanan yang semestinya harus kalian konsumsi seperti yang sudah aku jabarkan di No. 2.

- Kecepatan makan.
Tahu nggak si ? Ternyata mengunyah makanan secara perlahan-lahan dapat menbuat kita merasa kenyang lebih cepat lho.

Setelah aku melakukan hal-hal di atas secara rutin, aku pun mendapatkan bentuk perut yang aku mau. :D




Aku pun makin pede memakai dress ketat. (^^)




Bye-bye perut buncit. :D 





Selamat mencoba ya..... (^^)
See you on my next post. :)



2 comments:

Andin said...

Wow.... Hasilnya baru kelihatan setelah beberapa bulan ya.... Kalo jangka sebulan aja pasti ngga bisa ya....

Unknown said...

Hi @andin, kalau jangka sebulan tapi konsisten si bisa aja. jadi bener2 setiap hari makan di jaga dan imbangi dengan olahraga.